Praktikum Kami dalam Membuat Kabel UTP

Standard

Halo guys, 🙂 malam ini saya akan menjelaskan kepada kalian bagaimana cara membuat kabel UTP dengan konektor RJ45. Nah sebelum beralih ke cara-caranya saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa sih fungsi dari kabel UTP dan RJ45 . Seyogya-nya kedua benda tersebut merupakan satu kesatuan benda yang sangat penting dengan kabel dan konektor tersebut kita dapat mengirim dan menerima data, ya kegunaannya hampir sama seperti flash disk. Namun ada beberapa laptop yang harus dii koneksikan secara manual, seperti contohnya laptop dell, Samsung dan macbook. Laptop lainnya jika dihubungkan dengan kabel UTP akan secara otomatis terkoneksi dan menyambung dengan laptop yang satunya

At first saya akan menjelaskan susunan kabelnya . Susunan kabel yang dapat dibuat yaitu kabel dengan susunan straight dan crossini ada sedikit  penjelasan tentang kabel dengan susunan straight dan cross.yukkk intiip dikit yuks :p

1. Kabel susunan straight

Kabel susunan straight ini jika dihubungkan dari laptop satu dengan yang lainnya tidak dapat mentransfer data secara bolak balik, maksudnya adalah salah satu laptop bertindak sebagai server, dan laptop yang satunya sebagai client. Komputer yang bertindak sebagai server dapat mengirim data ke client, tetapi client tidak bisa mengirim data ke server.

Susunan kabel UTP straight yaitu antara ujung yang satu dengan ujung yang kedua sama, sususan warna kabel straight sebagai berikut :

Putih Orange – Orange – Putih Hijau – Biru – Putih Biru – Hijau – Putih Coklat – Coklat

2. Kabel susunan cross

Kabel susunan cross ini jika dihubungkan dari laptop satu dengan yang lainnya dapat mentransfer data secara bolak balik, maksudnya adalah dua laptop tersebut bertindak sebagai server, sehingga kedua laptop tersebut dapat mengirim dan menerima data yang diberikan dari laptop tersebut.

Susunan kabel UTP cross yaitu ujung yang satu berbeda dengan ujung yang kedua, susunan warna kabel cross sebagai berikut :

a. Putih Hijau – Hijau – Putih Orange – Biru – Putih Biru – Orange – Putih Coklat – Coklat

b. Putih Orange – Orange – Putih Hijau – Biru – Putih Biru – Hijau – Putih Coklat – Coklat

oke guys mungkin itu sedikit penjelasan dari aku.. semoga kalian bis amempraktikkannya ya 🙂 sekarang aku bakal  ngjelasin gmna sih caranya buat ya kawan-kawan lumaayaan buat nambah ilmu ke kalian, siapa tau nanti aku dapet pahala hehehe 😀

– Pertama siapkan kabel UTP, konektor RJ45, kabel tester, dan creamping tools.

– Setelah itu potong ujung kabel UTP sampai terlihat warna kabel di dalamnya, setelah itu susun kabel sesuai susunan yang akan dibuat, straight atau cross, sesuai dengan penjelasan diatas.

– Setelah itu rapikan dan urutkan kabel UTP sesuai warna dengan susunan kabel straight / cross, kemudian masukkan kabel UTP ke dalam konektor RJ45, masukkan kabel dari kiri ke kanan dengan warna kuning yang ada di RJ45 menghadap ke kita.

– Setelah ujung yang pertama selesai, lakukan hal yang sama dengan ujung yang kedua, jangan lupa ya susunan kabel sesuai yang diinginkan.

– Kemudian masukkan RJ45 ke dalam alat creamping tools, dan tekan dengan kuat. Lakukan pada ujung pertama dan kedua.

– Setelah konektor RJ45 sudah di creamping, kemudian di test dulu apakah susunan kabel tersebut benar atau tidak. Alat untuk mengetest kabel tersebut adalah alat tester.

– Masukkan kedua ujung kabel ke dalam alat tester.

– Jika susunan kabel straight, maka lampu di sebelah kiri dan kanan akan menyala secara berurutan. Berurutan dari angka 1 – 8.

– Jika susunan kabel cross, maka lampu di sebelah kiri dan kanan akan menyala secara tidak berurutan. Tidak berurutan disini dimaksudkan seperti ini :

1. PO   ( 1 dengan 3 )                                 

2. O     ( 2 dengan 6 )                                        

3. PH  ( 3 dengan 1 )                                 

4. B     ( 4 dengan 4 )                                

5. PB   ( 5 dengan 5 )                                  

6. H     ( 6 dengan 2 )                                 

7. PC    ( 7 dengan 7 )                                 

8. C      ( 8 dengan 8 )                                  

– Yap kabel UTP selesai dibuat guys. Jika kabel UTP yang di test sudah benar, maka coba pasangkan ke latop yang satu dengan yang lainnya.

    C. Berikut adalah cara mengoneksikan kabel UTP dari laptop ke laptop lainnya. Check it out ya guys.

– Pasang kabel UTP dari laptop ke laptop lainnya, kemudian jika berhasil akan terkoneksikan secara otomatis, tetapi beberapa laptop lain harus dikoneksikan secara manual.

– Kemudian tekan Control Panel à Network and Internet à View Network Status and Tasks à LAC (Local Area Come) à Properties à Internet Protocol Version 4 (TCV / IPV 4 ) à OK à Use the following IP address.

– Pada default program jika susunan straight isi kotak dibawah tersebut dengan angka berikut :

192 . 168 . 1 . 1

255 . 255 . 255 . 0

– Pada default program jika susunan cross isi kotak dibawah tersebut dengan angka berikut :

192 . 168 . 1 . 1

255 . 255 . 255 . 0

192 . 168 . 1 . 3 . Pada susunan cross, jika satu laptop sudah diisi angka 1 dan 3 makap pada laptop satunya tidak boleh diisi angka 1 dan 3.

oke deh guys, that’s enough mungkin . heheh kapan-kapan aku sambung lagi info-info terbarunya ya 😀

jangan bosen-bosen ngintipin blogku

see u, and good night 🙂

 

Leave a comment