sistem komputer

Standard
Sistem Komputer
Materi tentang sistem komputer

 

  1. A.     Pengertian Sistem
    Sistem berasal dari bahasa Latin (systema) dan bahasa Yunani
    (sustema) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau eleven yang
    dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau
    energi. Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling
    berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item
    penggerak.
  2. B.      Pengertian Komputer
    Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut
    prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan
    untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan
    aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian
    dipindahkan kepada mesin itu sendiri.
  3. C.     Pengertian Sistem Komputer
    Sistem Komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk
    menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari
    sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat unak
    (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras hardware).
    Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang
    terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti
    apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan
    brainware). Contoh sederhananya, siapa yang akan menghidupkan
    komputer jika tidak ada manusia. Atau akan menjalankan perintah apa
    komputer tersebut jika tidak ada softwarenya.
    Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan
    empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol,
    memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O).
    Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”.
  4. D.      TUJUAN POKOK SISTEM KOMPUTER

TUJUAN POKOK DARI SISTEM KOMPUTER, adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak(software), dan brainware.

1.PERANGKAT KERAS (hardware) adalah peralatan komputer itu sendiri
2.PERANGKAT LUNAK(software), adalah program yang berisi perintah
perintah untuk melakukan proses tertantu
3.dan (BRAINWARE), adalah manusia yang terlibat di dalam mengoprasikan
serta mengatur sistem komputer.

 

  1. E.     Elemen Sistem

Elemen-elemen sistem yang terdapat dalam system meliputi: tujuan sistem, batasan sistem, kontrol, input, proses, output, dan umpan balik.

maka sistem komputer perusahaan ini dapat dijabarkan sebagai berikut:

  1. Tujuan Sistem

Tujuan sistem komputer yang digunakan dalam perusahaan ini adalah membantu tugas yang dilakukan oleh manusia

  1. Batasan Sistem

Batasan sistem disini adalah kapasitas atau kemampuan yang dimiliki oleh komputer dalam mengolah data pegawai atau tenaga manusia yang mengoperasikan komputer.

  1. Kontrol Sistem

Kontrol atau pengawasan sistem merupakan pengawasan terhadap pelaksanaan pencapaian tujuan dari sistem tersebut. Kontol sistem dapat berupa kontrol terhadap pemasukan data (input), kontrol terhadap keluaran data (output), kontrol terhadap pengolahan data, kontrol terhadap umpan balik dan sebagainya.

  1. Input

Input merupakan elemen dari sistem yang bertugas untuk menerima siluruh masukan data, dimana masukan tersebut dapat berupa jenis data, frekuensi pemasukan data dan sebagainya.

  1. Proses

Proses merupakan elemen dari sistem yang bertugas untuk mengolah atau memroses seluruh masukan data menjadi suatu sistem yang lebih berguna.

  1. Output

Output merupakan hasil dari input yang telah diproses oleh bagian pengolahan dan merupakan tujuan akhir sistem.

  1. Umpan Balik

Umpan balik merupakan elemen dalam sistem yang bertugas mengevaluasi bagian dari output yang dikeluarkan, dimana elemen ini sangat penting demi kemajuan sebuah sistem. Umpan balik ini dapat merupakan perbaikan sistem, pemeliharaan sistem dan sebagainya.

 

 

  1. F.        Komponen-komponen Komputer
    Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang
    tidak bisa terpisahkan yaitu :
    1. Hardware ( Perangkat Keras )
    • Processing Device
    • Input Device
    • Output Device
    • Storage Device
    2. Software ( Perangkat Lunak )
    • Operating System
    • Application Program
    • Language Program
    3. Brainware ( Orang Yang MengoperasikanKomputer )

    1. Hardware ( Perangkat Keras )
    Perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara
    fisik, seperti perangkat perangkat masukan, perangkat pemroses,
    maupun perangkat keluaran. Peralatan ini umumnya cukup
    canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya,
    yang disebut juga dengan instruction set tadi. Dengan adanya
    perintah yang dimengerti oleh mesin tersebut, maka perintah
    tersebut melakukan berbagai aktifitas kepada mesin yang
    dimengerti oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa bekerja
    berdasarkan susunan perintah yang didapatkan olehnya.
    • Processing Device (CPU)
    CPU ( Central Processing Unit ) berperanan untuk
    memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan
    menguruskan laluan informasi menerusi system komputer.
    Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi
    dengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan
    arahan-arahan berkaitan.
    Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini
    terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC – Integrated Circuit),
    yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit). CPU
    memiliki fungsi adalah program-program yang disimpan
    dalam memori utama dengan cara mengambil instruksiinstruksi,
    menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinya
    satu persatu sesuai perintah. Pandangan sederhananya adalah
    operasi pembacaan instruksi (fetch) dan operasi pelaksanaan
    instruksi ( execute ). CPU memiliki dua bagian utama, yaitu :
    1. ALU ( Arithmetic Logic Unit )
    Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic
    Unit (ALU), adalah alat yang melakukan semua operasi
    aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit
    elektronik yang digunakan disebut adder juga melakukan
    keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan
    instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan
    dua operand dengan menggunakan operator logika
    tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan ( ),
    kurang dari (<), kurang atau sama dengan ( ), lebih besar
    dari (>), dan lebih besar atau sama dengan ( ) ALU juga
    dapat melakukan pelaksanaan arimatika (pengurangan,
    penambahan dan semacamnya), pelaksanaan logis ( AND,
    OR, NOT ), dan pelaksanaan perbandingan
    (membandingkan dua slot dengan kesetaraan).
    2. CU ( Control Unit )
    Unit control, mengatur dan mengendalikan semua
    peralatan yang ada pada sistem komputer, kapan alat
    input menerima data dan kapan data diolah serta kapan
    ditampilkan pada alat output. Mengartikan instruksiinstruksi
    dari program komputer. Membawa data dari alat
    input ke memori utama. Mengambil data dari memori
    utama untuk diolah. Mengirim instruksi ke ALU jika ada
    instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan
    logika. Membawa hasil pengolahan data kembali ke
    memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya
    akan disajikan ke alat output.
    Selain itu CPU juga memiliki beberapa alat
    penyimpanan yang berukuran kecil yang disebut dengan
    Register yang memiliki fungsi Alat penyimpanan kecil
    dgn kecepatan akses cukup tinggi, yg digunakan untuk
    menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses,
    sementara data dan instruksi lainnya yang menunggu
    giliran untuk diproses, masih disimpan di dalam memori
    utama.
    Banyak register dalam CPU, masing-masing sesuai
    dengan fungsinya yaitu :
    1. Instruction Register ( IR )
    Digunakan untuk menyimpan instruksi yang
    sedang diproses.
    2. Program Counter ( PC )
    Digunakan untuk menyimpan alamat lokasi dari
    memori utama yang berisi instruksi yang sedang
    diproses. Selama pemrosesan instruksi, isi PC diubah
    menjadi alamat dari memori utama yang berisi
    instruksi berikutnya.
    3. General Purpose Register
    Punya kegunaan umum yang berhubungan
    dengan data yang sedang diproses. Contoh, yg
    digunakan untuk menampung data disebut operand
    register, untuk menampung hasil disebut accumulator.
    4. Memory Data Register ( MDR )
    Digunakan untuk menampung data atau
    instruksi hasil pengiriman dari memori utama ke CPU
    atau menampung data yg akan direkam ke memori
    utama, hasil pengolahan oleh CPU.
    5. Memory Address Register
    Digunakan untuk menampung alamat data atau
    instruksi pada memori utama yg akan diambil atau yg
    akan diletakkan.
    Selain register, beberapa CPU menggunakan
    suatu cache memory yang mempunyai kecepatan
    sangat tinggi, agar kerja CPU lebih efisien. Tanpa
    cache memory, CPU akan menunggu sampai data/
    instruksi diterima dari memori utama, atau menunggu
    hasil pengolahan selesai dikirim ke memori utama,
    baru proses selanjutnya bisa dilakukan. Padahal
    proses dari memori utama lebih lambat dibanding
    kecepatan register sehingga akan banyak waktu
    terbuang. Dengan adanya cache memory, sejumlah
    blok informasi pada memori utama dipindahkan ke
    cache memory dan selanjutnya CPU akan selalu
    berhubungan dengan cache memory.
    • Input and Output Device
    I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi
    dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat
    berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada
    berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor
    dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam
    (kamera web, printer, scanner, dan sebagainya.
    Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah
    bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu
    macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh
    sistem komputer igital. Alat output, men-decode data ke
    dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai
    komputer.
    1. Input Device
    Input Device adalah perangkat keras komputer yang
    berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau
    perintah ke dalam komputer. Alat-alatnya adalah :
    • Keyboard
    • Pointing Device
    Mouse
    Touch screen
    Digitizer Grapich Tablet
    • Scanner
    • Microphone
    2. Output Device
    Output Device adalah perangkat keras komputer yang
    berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil
    pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke
    kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
    Alatnya antara lain adalah :
    • Monitor
    • Printer
    • Speaker
    • Storage Device
    Register CPU berukuran kecil sehingga tidak dapat
    menyimpan semua informasi, maka CPU harus dilengkapi
    dengan alat penyimpan berkapasitas lebih besar yaitu memori
    utama. Terbagi menjadi dua yaitu :
    1. Internal Storage
    Adalah media penyimpanan yang terdapat didalam
    komputer yaitu :
    • RAM ( Random Access Memory )
    Untuk menyimpan program yang kita olah untuk
    sementara waktu. Dapat diakses secara acak ( dapat
    diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya ). Struktur
    RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:
    1. Input Storage
    Digunakan untuk menampung input yang
    dimasukkan melalui alat input.
    2. Program Storage
    Digunakan untuk menyimpan semua
    instruksi-instruksi program yang akan diakses.
    3. Working Storage
    Digunakan untuk menyimpan data yang
    akan diolah dan hasil pengolahan.
    4. Output Storge
    Digunakan untuk menampung hasil akhir
    dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke
    alat output.
    • ROM ( Read Only Memori )
    Memori yang hanya bisa dibaca dan berguna
    sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama
    kali dinyalakan. Hanya dapat dibaca, tidak bisa mengisi
    sesuatu ke dalam ROM, sudah diisi oleh pabrik
    pembuatnya. Berupa sistem operasi yg terdiri dari
    program pokok, seperti program untuk mengatur
    penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci
    papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan
    bootstrap program. Program bootstrap diperlukan pada
    saat pertama kali sistem komputer diaktifkan (booting),
    yang dapat berupa cold booting atau warm booting.
    Dimungkinkan untuk merubah isi ROM, dengan cara
    memprogram kembali, yaitu :
    1. PROM (Programmable Read Only Memory), yg
    hanya dapat diprogram satu kali.
    2. EPROM (Erasable Programmable Read Only
    Memory), dapat dihapus dgn sinar ultraviolet, dapat
    diprogram kembali berulang-ulang.
    3. EEPROM (Electrically Erasable Programmable
    Read Only Memory), dapat dihapus secara
    elektronik dan dapat diprogram kembali.
    2. External Storage
    Perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan,
    pembacaan & penyimpanan data, di luar komponen utama,
    yaitu :
    • Floppy Disk
    • Hard Disk
    • CD Room
    • DVD
    2. Software ( Perangkat Lunak )
    Rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang
    berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki. Merupakan
    data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu
    sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi
    yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang
    diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang
    dijalankannya.
    • Operating System
    Sistem operasi atau operating system ialah Program
    dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan
    hardware komputerPerangkat lunak yang dihubungkan
    dengan pelaksanaan program dan koordinasi dari aktivitas
    sistem komputer. Ada beberapa macam system operasi
    diantaranya adalah :
    Linux
    Windows
    Mac OS
    Tugas sistem operasi termasuk (tetapi tidak hanya)
    mengurus penjalanan program di atasnya, koordinasi Input,
    Output, pemrosesan, memori, serta penginstalan dan
    pembuangan software.
    Sistem operasi, menentukan program yang mana
    dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau
    I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan
    servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang
    membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu
    mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat
    elektronik yang terhubung.
    • Application Program
    Yaitu program komputer yang siap digunakan atau
    disebut juga program siap pakai. Program paket digunakan
    untuk aplikasi bisnis secara umum, aplikasi khusus dibidang
    industri, aplikasi untuk meningkatkan produktifitas organisasi
    ayau perusahaan dan aplikasi untuk produktifitas perorangan.
    Contoh :
    Microsoft Word
    Microsoft Excel
    CorelDraw X4
    Dll
    • Language Program
    Language Program atau bahasa pemrograman adalah
    bahasa yang digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi
    dengan komputer, karena komputer memiliki bahasa sendiri
    maka komputer tidak akan merespon selain menggunakan
    bahasa
    Pemrograman, seperti :Bahasa komputer yang
    digunakan untuk menulis instruksi-instruksi program untuk
    melakukan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh programer,
    seperti :
    Visual basic
    Turbo pascal
    Delphi
    3. Brainware
    Brainware adalah orang yang mengoperasikan sebuah
    komputer, karena jika tidak ada orang yang mengoperasikan maka
    tidak akan dapat digunakan.

 

G. Penggolongan komputer berdasarkan data yang diolah

1.komputer analog

  • sifat penggunaannya terus-menerus (routine)
  • datanya tidak berbentuk angka tetapi berbentuk fisik
  • outputnya berupa pengaturan atau pengontrolan

2.komputer digital

  • sifat penggunaannya terus-menerus (routine)
  • datanya dalam bentuk huruf dan angka

3.komputer hybrid

  • komputer ini adalah gabungan antara komputer digital dan analog
  • biasanya komputer ini hanya digunakan untuk masalah-masalah khusus karena memiliki kemampuan yang lebih cepat dan tepat.

 

H. Berdasarkan Penggunaannya

A. Special Purpose Computer

  1. Dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah yang khusus, yang biasanya hanya berupa 1 masalah saja
  2. Program aplikasi tertentu tersimpan di dalam komputernya
  3. Umumnya jenis ini adalah komputer analog
  4. Digunakan untuk pengontrolan otomatis pada proses industri

B. General Purpose Computer

  1. Dirancang untuk menyelesaikan berbagai masalah
  2. Menggunakan berbagai program untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berbeda
  3. Kecepatan lebih rendah (Tapi pada G-III, makin meningkat kecepatannya)
  4. Digunakan untuk aplikasi bisnis, teknik, pendidikan, pengolahan kata, games, dll.
  5. Umumnya jenis ini adalah komputer digital

 

 

I. Berdasarkan Ukuran

A. Tower

  1. Diletakkan di samping atau di bawah meja, ukuran relatif besar
  2. Memiliki banyak exspansion slot

B. Desktop

  1. Ukuran lebih kecil dibandingkan dengan tower
  2. Harga lebih murah

C. Portable

  1. Ukuran lebih kecil dibandingkan desktop
  2. Bagian-bagiannya dapat dirangkai menjadi 1 kotak saja
  3. Kurang populer karena cenderung besar dan berat

D. Notebook

  1. Komputer yang memiliki ukuran sebesar buku catatan (kertas kuarto)
  2. Ukurannya 8½ x 11 inchi, tebal sekitar 1-1½ inchi dengan berat 4-6 kg

E. Subnotebook : komputer dengan ukuran antara komputer notebook dan palmtop

.

F. Palmtop

  1. Komputer yang dapat digenggam
  2. Ukuran kecil (keyboard, layar kecil sehingga menyulitkan pemakai

 

J. KLASIFIKASI KOMPUTER BERDASARKAN GENERASI

1. Komputer Generasi Pertama
Perkembangan computer pada masa kini diawali dengan dibuatnya Electronic Numerical and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama pemerintah Amerika Serikat dengan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor dan lima juta titik solder merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160 Kw. ENIAC dirancang oleh John Presper Eckert dan John W Mauchly, computer ini bekerja 1000 kali lebih cepat bila dibandingkan dengan Mark I. Pada tahun 1945 Von Neumann mendesain Electric Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) dengan sebuah memory untuk menampung baik program maupun data. Kunci utama desain Neumann adalah unit pemrosesan data (CPU).

Tahun 1951 komputer komersial pertama yang di buat oleh Remington Rand di buat berdasarkan memanfaatkan model Neumann dinamakan UNIVAC. Ciri-ciri computer generasi pertama adalah penggunaan Tube Vacum, ia yang membuat computer pada zaman itu menjadi berukuran besar.
2. Komputer Generasi Kedua
Computer jenis kedua sudah menggunakan transistor sebagai pengganti tabung vakum, di mulai sejak 1956, akibatnya ukuran fisik mesin-mesin elektrik berkurang drastis.Penemuan lain adalah pengembangan memory anti magnetic yang membantu pengembangan computer generasi kedua yang menjadi lebih kecil,lebih cepat,lebih dapat di andalkan dan lebih hemat energi. IBM membuat computer bernama Stretch dan Sprer-Ryand membuat computer bernama LARC , computer tersebut sangat mahal dan kompek untuk kebutuhan komputasi bisnis sehingga tidak popular,hanya dua LARC yang trpasang, yaitu di Lawrence Radition Labs di Livemore California dan US Navy Research and Development Center di Wasington DC. Komputer generasi kedua menggunakan bahasa assembly menggantikan bahasa mesin, bahasa assembly adalam bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.
Baru sejak tahun 1960 bermunculan computer-komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor yang sukses di bidang bisnis, dapat menggunakan media penyimpanan semecam disket , printer, memory system oprasi dan program, salah satu contoh yang popular pada massa itu adalah IBM 1401.

3. Komputer Generasi Ketiga

Meskipun penggunaan transistor mengungguli tabung vakum namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal computer. Jack Kilby pada tahun 1958 menemukan Batu Kuarsa (quartz rock) sebagai bahan dasar pembuat sirkuit terintegrasi (IC: Integrated Circuit) dimana di dalamnya terdapat kombinasi tiga rangkaian elektronik, kemudian para ilmuan berhasil memasukkan banyak komponen-komponen lagi kedalam yang di sebut sebagai Chip yang terbuat dari bahan silicon sehingga computer menjadi semakin kecil.

4. Komputer Generasi Keempat

Pada tahun 1980-an komponen semi konduktor mengalami kemajuan dengan di kembangkannya Very Large Scale Integration (VLCI), dapat memuat ribuan komponen dalam satu chip tunggal, kemudian Ultra-Large Scale Integration (ULCI) meningkatkan menjadi jutaan komponen. Dengan komponen yang besarnya hanya setengah uang logam dan dengan kemamouan kapasitas yang dapat menampung sedemikian banyak komponen berakibat turunnya harga dan ukuran fisik computer. Chip Intel 4004 yang di buat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada prkembangan teknologi computer , chip ini menampung seluruh komponen dari sebuah komoputer yang terdiri dari central processing unit, memory dan kendali input dan output. Sebelumnya IC di buat hanya untuk mengerjakan satu tugas tertentu yang spesifik, sekarang sebuah micro processor dapat di produksi dan kemudian di program untuk memenuhi kebutuhan yang di inginkan . Dalam tempo yang singkat berbagai peralatan rumah tangga seperti microwave oven, pesawat televise, mesin cuci dan kendaraan mahal mutakir di lengkapi dengan micro processor Bik untuk kebutuhan skuriti maupun untuk system injeksi elektronik.

Perkembangan teknologi computer yang demikian pesat memungkinkan orang orang umum dapat menggunakan dan memanfaatkan teknologi ini, kepemilikan computer kini tidak lagi menjadi milik perusahaan-perusahaan besar dan lembaga pemerintah.

Pada tahun 1971 produsen peralatan computer menawarkan produk mereka berupa computer rakitan ke masyarakat umum, computer ini di sebut minicomputer, di jual bersamaan dengan paket pinanti lunak yang mudah di gunakan oleh masyarakt awam.Piranti lunak (software) popular pada saat itu adalah word processor dan spreadsheet,.Pada awal 1980 muncul produk computer game Atari 2600 yang dapat diprogam untuk kebutuhan segmen keluarga.

Pada tahun 1981 IBM menawarkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan computer di rumah , kantor dan sekolah , hal ini mendorong jumlah pengguna computer dari 2 juta unit pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit , sepuluh tahun kemudian terdapat sekitar 65 juta PC yang di gunakan. Evolusi computer tidak berhenti di situ, dari computer meja (desk top) berkembang menjadi computer yang dapat di jinjing kemana-mana dan di masukkan kedalam tas (lap top), atau bahkan computer yang dapat di genggam(palmtop).

Pada masa sekrang , kita mengenal computer IBM compatible dengan pemakain CPU:IBM PC/486 kemudian berkembang muncul produk processor dan board dari Intel yaitu Pentium, Pentium II, Pentium III, processor Core Duo, Quad Processor juga AMD K6,Athlon dan lain sebagainya.

5.Komputer Generasi Kelima

Generasi computer kelima dalam segi usia masih sangat muda, computer generasi kelima lahir berdasarkan imajinasi Arthur c. Clarke berupa novel fiksi yaitu HAL 9000. HAL menampilkan seluruh fungsi yang di inginkan dari sebuah computer generasi kelima. Dengan berdasarkan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percakapan dengan manusia, menggunakan masukan visual dan belajar dari pengalamannya sendiri.

Walaupun mungkin realisai HAL 9000 masih jauh dari kenyataan , banyak fungsi-fungsi yang dimiliki sudah terwujud, beberapa computer sudah dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia, kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin.

Banyak kemajuan di bidang desain computer dan teknologi semakin memungkinkan terwujudnya pembuatan computer generasi kelima di antaranya adalah kemampuan pemrosesan parallel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model ini akan di gantikan dengan system yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi super konduktor yang memungkinkan aliran listrik yang mengaalirinya tanpa ada hambatan apapun sehingga dapat mempercepat informasi.

 

Leave a comment