- A. Pengertian Sistem
Sistem berasal dari bahasa Latin (systema) dan bahasa Yunani
(sustema) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau eleven yang
dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau
energi. Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling
berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item
penggerak. - B. Pengertian Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut
prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan
untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan
aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian
dipindahkan kepada mesin itu sendiri. - C. Pengertian Sistem Komputer
Sistem Komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk
menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari
sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat unak
(software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras hardware).
Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang
terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti
apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan
brainware). Contoh sederhananya, siapa yang akan menghidupkan
komputer jika tidak ada manusia. Atau akan menjalankan perintah apa
komputer tersebut jika tidak ada softwarenya.
Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan
empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol,
memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O).
Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”. - D. TUJUAN POKOK SISTEM KOMPUTER
TUJUAN POKOK DARI SISTEM KOMPUTER, adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak(software), dan brainware.
1.PERANGKAT KERAS (hardware) adalah peralatan komputer itu sendiri
2.PERANGKAT LUNAK(software), adalah program yang berisi perintah
perintah untuk melakukan proses tertantu
3.dan (BRAINWARE), adalah manusia yang terlibat di dalam mengoprasikan
serta mengatur sistem komputer.
- E. Elemen Sistem
Elemen-elemen sistem yang terdapat dalam system meliputi: tujuan sistem, batasan sistem, kontrol, input, proses, output, dan umpan balik.
maka sistem komputer perusahaan ini dapat dijabarkan sebagai berikut:
- Tujuan Sistem
Tujuan sistem komputer yang digunakan dalam perusahaan ini adalah membantu tugas yang dilakukan oleh manusia
- Batasan Sistem
Batasan sistem disini adalah kapasitas atau kemampuan yang dimiliki oleh komputer dalam mengolah data pegawai atau tenaga manusia yang mengoperasikan komputer.
- Kontrol Sistem
Kontrol atau pengawasan sistem merupakan pengawasan terhadap pelaksanaan pencapaian tujuan dari sistem tersebut. Kontol sistem dapat berupa kontrol terhadap pemasukan data (input), kontrol terhadap keluaran data (output), kontrol terhadap pengolahan data, kontrol terhadap umpan balik dan sebagainya.
- Input
Input merupakan elemen dari sistem yang bertugas untuk menerima siluruh masukan data, dimana masukan tersebut dapat berupa jenis data, frekuensi pemasukan data dan sebagainya.
- Proses
Proses merupakan elemen dari sistem yang bertugas untuk mengolah atau memroses seluruh masukan data menjadi suatu sistem yang lebih berguna.
- Output
Output merupakan hasil dari input yang telah diproses oleh bagian pengolahan dan merupakan tujuan akhir sistem.
- Umpan Balik
Umpan balik merupakan elemen dalam sistem yang bertugas mengevaluasi bagian dari output yang dikeluarkan, dimana elemen ini sangat penting demi kemajuan sebuah sistem. Umpan balik ini dapat merupakan perbaikan sistem, pemeliharaan sistem dan sebagainya.
- F. Komponen-komponen Komputer
Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang
tidak bisa terpisahkan yaitu :
1. Hardware ( Perangkat Keras )
• Processing Device
• Input Device
• Output Device
• Storage Device
2. Software ( Perangkat Lunak )
• Operating System
• Application Program
• Language Program
3. Brainware ( Orang Yang MengoperasikanKomputer )1. Hardware ( Perangkat Keras )
Perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara
fisik, seperti perangkat perangkat masukan, perangkat pemroses,
maupun perangkat keluaran. Peralatan ini umumnya cukup
canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya,
yang disebut juga dengan instruction set tadi. Dengan adanya
perintah yang dimengerti oleh mesin tersebut, maka perintah
tersebut melakukan berbagai aktifitas kepada mesin yang
dimengerti oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa bekerja
berdasarkan susunan perintah yang didapatkan olehnya.
• Processing Device (CPU)
CPU ( Central Processing Unit ) berperanan untuk
memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan
menguruskan laluan informasi menerusi system komputer.
Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi
dengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan
arahan-arahan berkaitan.
Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini
terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC – Integrated Circuit),
yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit). CPU
memiliki fungsi adalah program-program yang disimpan
dalam memori utama dengan cara mengambil instruksiinstruksi,
menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinya
satu persatu sesuai perintah. Pandangan sederhananya adalah
operasi pembacaan instruksi (fetch) dan operasi pelaksanaan
instruksi ( execute ). CPU memiliki dua bagian utama, yaitu :
1. ALU ( Arithmetic Logic Unit )
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic
Unit (ALU), adalah alat yang melakukan semua operasi
aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit
elektronik yang digunakan disebut adder juga melakukan
keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan
instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan
dua operand dengan menggunakan operator logika
tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan ( ),
kurang dari (<), kurang atau sama dengan ( ), lebih besar
dari (>), dan lebih besar atau sama dengan ( ) ALU juga
dapat melakukan pelaksanaan arimatika (pengurangan,
penambahan dan semacamnya), pelaksanaan logis ( AND,
OR, NOT ), dan pelaksanaan perbandingan
(membandingkan dua slot dengan kesetaraan).
2. CU ( Control Unit )
Unit control, mengatur dan mengendalikan semua
peralatan yang ada pada sistem komputer, kapan alat
input menerima data dan kapan data diolah serta kapan
ditampilkan pada alat output. Mengartikan instruksiinstruksi
dari program komputer. Membawa data dari alat
input ke memori utama. Mengambil data dari memori
utama untuk diolah. Mengirim instruksi ke ALU jika ada
instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan
logika. Membawa hasil pengolahan data kembali ke
memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya
akan disajikan ke alat output.
Selain itu CPU juga memiliki beberapa alat
penyimpanan yang berukuran kecil yang disebut dengan
Register yang memiliki fungsi Alat penyimpanan kecil
dgn kecepatan akses cukup tinggi, yg digunakan untuk
menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses,
sementara data dan instruksi lainnya yang menunggu
giliran untuk diproses, masih disimpan di dalam memori
utama.
Banyak register dalam CPU, masing-masing sesuai
dengan fungsinya yaitu :
1. Instruction Register ( IR )
Digunakan untuk menyimpan instruksi yang
sedang diproses.
2. Program Counter ( PC )
Digunakan untuk menyimpan alamat lokasi dari
memori utama yang berisi instruksi yang sedang
diproses. Selama pemrosesan instruksi, isi PC diubah
menjadi alamat dari memori utama yang berisi
instruksi berikutnya.
3. General Purpose Register
Punya kegunaan umum yang berhubungan
dengan data yang sedang diproses. Contoh, yg
digunakan untuk menampung data disebut operand
register, untuk menampung hasil disebut accumulator.
4. Memory Data Register ( MDR )
Digunakan untuk menampung data atau
instruksi hasil pengiriman dari memori utama ke CPU
atau menampung data yg akan direkam ke memori
utama, hasil pengolahan oleh CPU.
5. Memory Address Register
Digunakan untuk menampung alamat data atau
instruksi pada memori utama yg akan diambil atau yg
akan diletakkan.
Selain register, beberapa CPU menggunakan
suatu cache memory yang mempunyai kecepatan
sangat tinggi, agar kerja CPU lebih efisien. Tanpa
cache memory, CPU akan menunggu sampai data/
instruksi diterima dari memori utama, atau menunggu
hasil pengolahan selesai dikirim ke memori utama,
baru proses selanjutnya bisa dilakukan. Padahal
proses dari memori utama lebih lambat dibanding
kecepatan register sehingga akan banyak waktu
terbuang. Dengan adanya cache memory, sejumlah
blok informasi pada memori utama dipindahkan ke
cache memory dan selanjutnya CPU akan selalu
berhubungan dengan cache memory.
• Input and Output Device
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi
dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat
berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada
berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor
dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam
(kamera web, printer, scanner, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah
bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu
macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh
sistem komputer igital. Alat output, men-decode data ke
dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai
komputer.
1. Input Device
Input Device adalah perangkat keras komputer yang
berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau
perintah ke dalam komputer. Alat-alatnya adalah :
• Keyboard
• Pointing Device
Mouse
Touch screen
Digitizer Grapich Tablet
• Scanner
• Microphone
2. Output Device
Output Device adalah perangkat keras komputer yang
berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil
pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke
kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
Alatnya antara lain adalah :
• Monitor
• Printer
• Speaker
• Storage Device
Register CPU berukuran kecil sehingga tidak dapat
menyimpan semua informasi, maka CPU harus dilengkapi
dengan alat penyimpan berkapasitas lebih besar yaitu memori
utama. Terbagi menjadi dua yaitu :
1. Internal Storage
Adalah media penyimpanan yang terdapat didalam
komputer yaitu :
• RAM ( Random Access Memory )
Untuk menyimpan program yang kita olah untuk
sementara waktu. Dapat diakses secara acak ( dapat
diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya ). Struktur
RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:
1. Input Storage
Digunakan untuk menampung input yang
dimasukkan melalui alat input.
2. Program Storage
Digunakan untuk menyimpan semua
instruksi-instruksi program yang akan diakses.
3. Working Storage
Digunakan untuk menyimpan data yang
akan diolah dan hasil pengolahan.
4. Output Storge
Digunakan untuk menampung hasil akhir
dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke
alat output.
• ROM ( Read Only Memori )
Memori yang hanya bisa dibaca dan berguna
sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama
kali dinyalakan. Hanya dapat dibaca, tidak bisa mengisi
sesuatu ke dalam ROM, sudah diisi oleh pabrik
pembuatnya. Berupa sistem operasi yg terdiri dari
program pokok, seperti program untuk mengatur
penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci
papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan
bootstrap program. Program bootstrap diperlukan pada
saat pertama kali sistem komputer diaktifkan (booting),
yang dapat berupa cold booting atau warm booting.
Dimungkinkan untuk merubah isi ROM, dengan cara
memprogram kembali, yaitu :
1. PROM (Programmable Read Only Memory), yg
hanya dapat diprogram satu kali.
2. EPROM (Erasable Programmable Read Only
Memory), dapat dihapus dgn sinar ultraviolet, dapat
diprogram kembali berulang-ulang.
3. EEPROM (Electrically Erasable Programmable
Read Only Memory), dapat dihapus secara
elektronik dan dapat diprogram kembali.
2. External Storage
Perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan,
pembacaan & penyimpanan data, di luar komponen utama,
yaitu :
• Floppy Disk
• Hard Disk
• CD Room
• DVD
2. Software ( Perangkat Lunak )
Rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang
berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki. Merupakan
data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu
sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi
yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang
diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang
dijalankannya.
• Operating System
Sistem operasi atau operating system ialah Program
dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan
hardware komputerPerangkat lunak yang dihubungkan
dengan pelaksanaan program dan koordinasi dari aktivitas
sistem komputer. Ada beberapa macam system operasi
diantaranya adalah :
Linux
Windows
Mac OS
Tugas sistem operasi termasuk (tetapi tidak hanya)
mengurus penjalanan program di atasnya, koordinasi Input,
Output, pemrosesan, memori, serta penginstalan dan
pembuangan software.
Sistem operasi, menentukan program yang mana
dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau
I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan
servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang
membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu
mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat
elektronik yang terhubung.
• Application Program
Yaitu program komputer yang siap digunakan atau
disebut juga program siap pakai. Program paket digunakan
untuk aplikasi bisnis secara umum, aplikasi khusus dibidang
industri, aplikasi untuk meningkatkan produktifitas organisasi
ayau perusahaan dan aplikasi untuk produktifitas perorangan.
Contoh :
Microsoft Word
Microsoft Excel
CorelDraw X4
Dll
• Language Program
Language Program atau bahasa pemrograman adalah
bahasa yang digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi
dengan komputer, karena komputer memiliki bahasa sendiri
maka komputer tidak akan merespon selain menggunakan
bahasa
Pemrograman, seperti :Bahasa komputer yang
digunakan untuk menulis instruksi-instruksi program untuk
melakukan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh programer,
seperti :
Visual basic
Turbo pascal
Delphi
3. Brainware
Brainware adalah orang yang mengoperasikan sebuah
komputer, karena jika tidak ada orang yang mengoperasikan maka
tidak akan dapat digunakan.
G. Penggolongan komputer berdasarkan data yang diolah
1.komputer analog
- sifat penggunaannya terus-menerus (routine)
- datanya tidak berbentuk angka tetapi berbentuk fisik
- outputnya berupa pengaturan atau pengontrolan
2.komputer digital
- sifat penggunaannya terus-menerus (routine)
- datanya dalam bentuk huruf dan angka
3.komputer hybrid
- komputer ini adalah gabungan antara komputer digital dan analog
- biasanya komputer ini hanya digunakan untuk masalah-masalah khusus karena memiliki kemampuan yang lebih cepat dan tepat.
H. Berdasarkan Penggunaannya
A. Special Purpose Computer
- Dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah yang khusus, yang biasanya hanya berupa 1 masalah saja
- Program aplikasi tertentu tersimpan di dalam komputernya
- Umumnya jenis ini adalah komputer analog
- Digunakan untuk pengontrolan otomatis pada proses industri
B. General Purpose Computer
- Dirancang untuk menyelesaikan berbagai masalah
- Menggunakan berbagai program untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berbeda
- Kecepatan lebih rendah (Tapi pada G-III, makin meningkat kecepatannya)
- Digunakan untuk aplikasi bisnis, teknik, pendidikan, pengolahan kata, games, dll.
- Umumnya jenis ini adalah komputer digital
I. Berdasarkan Ukuran
A. Tower
- Diletakkan di samping atau di bawah meja, ukuran relatif besar
- Memiliki banyak exspansion slot
B. Desktop
- Ukuran lebih kecil dibandingkan dengan tower
- Harga lebih murah
C. Portable
- Ukuran lebih kecil dibandingkan desktop
- Bagian-bagiannya dapat dirangkai menjadi 1 kotak saja
- Kurang populer karena cenderung besar dan berat
D. Notebook
- Komputer yang memiliki ukuran sebesar buku catatan (kertas kuarto)
- Ukurannya 8½ x 11 inchi, tebal sekitar 1-1½ inchi dengan berat 4-6 kg
E. Subnotebook : komputer dengan ukuran antara komputer notebook dan palmtop
.
F. Palmtop
- Komputer yang dapat digenggam
- Ukuran kecil (keyboard, layar kecil sehingga menyulitkan pemakai
J. KLASIFIKASI KOMPUTER BERDASARKAN GENERASI
1. Komputer Generasi Pertama
Perkembangan computer pada masa kini diawali dengan dibuatnya Electronic Numerical and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama pemerintah Amerika Serikat dengan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor dan lima juta titik solder merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160 Kw. ENIAC dirancang oleh John Presper Eckert dan John W Mauchly, computer ini bekerja 1000 kali lebih cepat bila dibandingkan dengan Mark I. Pada tahun 1945 Von Neumann mendesain Electric Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) dengan sebuah memory untuk menampung baik program maupun data. Kunci utama desain Neumann adalah unit pemrosesan data (CPU).
Tahun 1951 komputer komersial pertama yang di buat oleh Remington Rand di buat berdasarkan memanfaatkan model Neumann dinamakan UNIVAC. Ciri-ciri computer generasi pertama adalah penggunaan Tube Vacum, ia yang membuat computer pada zaman itu menjadi berukuran besar.
2. Komputer Generasi Kedua
Computer jenis kedua sudah menggunakan transistor sebagai pengganti tabung vakum, di mulai sejak 1956, akibatnya ukuran fisik mesin-mesin elektrik berkurang drastis.Penemuan lain adalah pengembangan memory anti magnetic yang membantu pengembangan computer generasi kedua yang menjadi lebih kecil,lebih cepat,lebih dapat di andalkan dan lebih hemat energi. IBM membuat computer bernama Stretch dan Sprer-Ryand membuat computer bernama LARC , computer tersebut sangat mahal dan kompek untuk kebutuhan komputasi bisnis sehingga tidak popular,hanya dua LARC yang trpasang, yaitu di Lawrence Radition Labs di Livemore California dan US Navy Research and Development Center di Wasington DC. Komputer generasi kedua menggunakan bahasa assembly menggantikan bahasa mesin, bahasa assembly adalam bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.
Baru sejak tahun 1960 bermunculan computer-komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor yang sukses di bidang bisnis, dapat menggunakan media penyimpanan semecam disket , printer, memory system oprasi dan program, salah satu contoh yang popular pada massa itu adalah IBM 1401.
3. Komputer Generasi Ketiga
Meskipun penggunaan transistor mengungguli tabung vakum namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal computer. Jack Kilby pada tahun 1958 menemukan Batu Kuarsa (quartz rock) sebagai bahan dasar pembuat sirkuit terintegrasi (IC: Integrated Circuit) dimana di dalamnya terdapat kombinasi tiga rangkaian elektronik, kemudian para ilmuan berhasil memasukkan banyak komponen-komponen lagi kedalam yang di sebut sebagai Chip yang terbuat dari bahan silicon sehingga computer menjadi semakin kecil.
4. Komputer Generasi Keempat
Pada tahun 1980-an komponen semi konduktor mengalami kemajuan dengan di kembangkannya Very Large Scale Integration (VLCI), dapat memuat ribuan komponen dalam satu chip tunggal, kemudian Ultra-Large Scale Integration (ULCI) meningkatkan menjadi jutaan komponen. Dengan komponen yang besarnya hanya setengah uang logam dan dengan kemamouan kapasitas yang dapat menampung sedemikian banyak komponen berakibat turunnya harga dan ukuran fisik computer. Chip Intel 4004 yang di buat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada prkembangan teknologi computer , chip ini menampung seluruh komponen dari sebuah komoputer yang terdiri dari central processing unit, memory dan kendali input dan output. Sebelumnya IC di buat hanya untuk mengerjakan satu tugas tertentu yang spesifik, sekarang sebuah micro processor dapat di produksi dan kemudian di program untuk memenuhi kebutuhan yang di inginkan . Dalam tempo yang singkat berbagai peralatan rumah tangga seperti microwave oven, pesawat televise, mesin cuci dan kendaraan mahal mutakir di lengkapi dengan micro processor Bik untuk kebutuhan skuriti maupun untuk system injeksi elektronik.
Perkembangan teknologi computer yang demikian pesat memungkinkan orang orang umum dapat menggunakan dan memanfaatkan teknologi ini, kepemilikan computer kini tidak lagi menjadi milik perusahaan-perusahaan besar dan lembaga pemerintah.
Pada tahun 1971 produsen peralatan computer menawarkan produk mereka berupa computer rakitan ke masyarakat umum, computer ini di sebut minicomputer, di jual bersamaan dengan paket pinanti lunak yang mudah di gunakan oleh masyarakt awam.Piranti lunak (software) popular pada saat itu adalah word processor dan spreadsheet,.Pada awal 1980 muncul produk computer game Atari 2600 yang dapat diprogam untuk kebutuhan segmen keluarga.
Pada tahun 1981 IBM menawarkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan computer di rumah , kantor dan sekolah , hal ini mendorong jumlah pengguna computer dari 2 juta unit pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit , sepuluh tahun kemudian terdapat sekitar 65 juta PC yang di gunakan. Evolusi computer tidak berhenti di situ, dari computer meja (desk top) berkembang menjadi computer yang dapat di jinjing kemana-mana dan di masukkan kedalam tas (lap top), atau bahkan computer yang dapat di genggam(palmtop).
Pada masa sekrang , kita mengenal computer IBM compatible dengan pemakain CPU:IBM PC/486 kemudian berkembang muncul produk processor dan board dari Intel yaitu Pentium, Pentium II, Pentium III, processor Core Duo, Quad Processor juga AMD K6,Athlon dan lain sebagainya.
5.Komputer Generasi Kelima
Generasi computer kelima dalam segi usia masih sangat muda, computer generasi kelima lahir berdasarkan imajinasi Arthur c. Clarke berupa novel fiksi yaitu HAL 9000. HAL menampilkan seluruh fungsi yang di inginkan dari sebuah computer generasi kelima. Dengan berdasarkan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percakapan dengan manusia, menggunakan masukan visual dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin realisai HAL 9000 masih jauh dari kenyataan , banyak fungsi-fungsi yang dimiliki sudah terwujud, beberapa computer sudah dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia, kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin.
Banyak kemajuan di bidang desain computer dan teknologi semakin memungkinkan terwujudnya pembuatan computer generasi kelima di antaranya adalah kemampuan pemrosesan parallel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model ini akan di gantikan dengan system yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi super konduktor yang memungkinkan aliran listrik yang mengaalirinya tanpa ada hambatan apapun sehingga dapat mempercepat informasi.